logo
Back to List
Artikel

Bersiap di Era New Normal DPD MUKI Gunungkidul Terus Beraksi

thumbnail

MUKI.OR.ID. Gunung Kidul, Pandemi belum berakhir, berbagai upaya pemerintah guna  mencegah penularan virus covid-19 terus dilakukan. Dari social distancing, fisical distancing, sampai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan di beberapa wilayah di Indonesia. Kini wacana New Normal atau Adapsi Kebiasaan Baru (AKB) tengah gencar digaungkan pemerintah yakni membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Salah satu protokol kesehatan adalah kewajiban menggunakan masker bagi masyarakat Indonesia, sehingga masker sekarang menjadi sesuatu kebutuhan yang pokok dan penting.

Hal ini di respon oleh segenap pengurus DPD MUKI Gunungkidul, dengan kembali memberikan bantuan masker untuk yang kedua kalinya setelah  pada bulan Mei yang lalu melakukan kegiatan yang sama kepada Umat Kristen di Gunungkidul dari berbagai denominasi.

Bekerjasama dengan FORUM UMAT KRISTIANI IKG JABODETABEK, DPP MUKI Gunungkidul memberikan bantuan masker dibagi menjadi tiga tahap.

Tahap pertama dilakukan pada hari Sabtu (13/6/2020) pukul 13.00 WIB, di Kantor Sekretariat DPD MUKI Gunungkidul, hadir sebagai penerima bantuan Agustinus Supriyono mewakili dari Jemaat Pantan Sempu GKJ Pugeran, mewakiil jemaat GLI Ngrombo Pdt. Purwadianto, dan Pdt Obet Sarjianto mewakili jemaat GSJA Wonosari. Pemberian bantuan masker dilakukan oleh Ketua DPD MUKI Gunungkidul Titus Harno Wibowo, M.Th dan oleh Sekretaris DPD MUKI Gunungkidul Eko Aribowo.

Tahap ke dua pada hari Senin (15/6/2020) pukul 14.00 WIB, oleh Pengurus Harian DPD MUKI Gunungkidul dilakukan di  GPdI Sambeng, Pantan Bantalwatu dan Pantan Regedeg GKJ Sabda Adi Semanu, serta di GPdI Cuwelo, yang masing masing di terima oleh majelis dan pengurus Gereja setempat.

Tahap ke tiga dilakukan pada hari Jumat (19/6/2020) pukul 13.00 WIB, penyerahan bantuan di GPdI Baleharjo, GKJ Pugeran,  Umat Katolik wilayah Ngijo, Umat Katolik Wilayah Semin dan Pantan Tambran, bantuan masker di terima oleh Pendeta dan pengurus masing-masing Gereja.

Ketua DPP MUKI Gunungkidul Titus Harno Wibowo, M.Th, menyampaikan bahwa sejak terbentuknya ORMAS MUKI di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 31 Januari 2020 yang lalu, khususnya DPD Kabupaten Gunungkidul, sudah bisa menjalin kerjasama beberapa instansi/lembaga baik Kesbangpol maupun Ikatan Keluarga Gunungkidul di Jakarta melakukan beberapa kegiatan antara lain yangg baru-baru ini dilakukan ialah "pembagian masker di saat pandemi covid -19 ini  kepada masyarakat terutama umat kristiani se Gunungkidul. Dan ternyata mendapat respon yang antusias dari umat. Kini Pengurus masih terus berupaya untuk dapat meningkatkan kerjasama dengan ormas-ormas lain untuk melakukan aktivitas-aktivitas yg manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat luas sesuai semboyan MUKI yaitu MUKI damai, MUKI jaya. Majelis Gereja Sabda Adi Semanu Pantan Bantalwatu, Supriyanto mengatakan bahwa “Kami selaku majelis SAS Pantan Bantalwatu sekaligus mewakili seluruh jemaat sangat berterimakasih atas bantuan APD berupa masker dari MUKI, yg tentunya sangat membantu jemaat dalam mempersiapkan diri dalam memasuki ibadah di era tatanan new normal, dengan menjalankan kesehatan di dalam ibadah sekali lagi terimakasih  untuk MUKI dan kiranya Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita”.

Majelis Umat Kristen Indonesia adalah ormas keumatan Kristen yang didirikan secara nasional pada tahun 2013 dan hadir di 31 Provinsi serta Kabupaten/Kota sampai di Kecamatan-Kecamatan. Di Provinsi Yogyakarta MUKI telah ada di seluruh Kabupaten/Kota dan sampai di kota Kecamatan sebagaimana diamanatkan UU Ormas. DPW MUKI Yokyakarta beserta seluruh DPD MUKI di Yogyakarta telah memenuhi syarat dan ketentuan UU ORMAS.

#mukidamaimukijaya

Penulis: Eko Aribowo, Sekretaris DPD MUKI Gunungkidul

Editor: Ega Mawardin.

profil
bayu admin
Published at 22 Jun 2020
Bagikan Artikel facebook-icon facebook-icon
Komentar 0

Artikel Lainnya

thumbnail
Batu Timbangan
Sadar atau tidak dal...
Selengkapnya 27 Mar 2019
thumbnail
MUKI Lumajang dan Kerja Nyata untuk Umat
DPD MUKI Lumajang ikut serta...
Selengkapnya 03 Mar 2020
thumbnail
Kegiatan Dewan Pimpinan Daerah (DPD)
DPD MUKI SITUBONDO-JATIM.Ketua...
Selengkapnya 31 Mar 2021
thumbnail
MUKI Serukan Keadilan Bagi Aktivis HAM Sudarto yang Membela Hak Beribadah Umat Kristen
MUKI.OR.ID.Jakarta - Sebagai...
Selengkapnya 13 Jan 2020