logo
Back to List
Artikel

Membumikan Pancasila Adalah Tugas Semua Umat

thumbnail

Bupati Kabupaten Nias, Bpk Drs. Sokhiatulo Laoli M.M, menyambut baik webinar perdana yang diselenggarakan DPD MUKI Kab. Nias, pada tanggal 20 Mei 2021. Beliau juga sekaligus sebagai Ketua Pengawas DPD MUKI Kab. Nias.

Dalam kata sambutannya, beliau mengajak semua peserta webinar MUKI: "Membumikan Pancasila menjadi tugas semua umat. Peranan MUKI selama ini kolaborasi dengan semua umat, merupakan wujud bukti dari nilai-nilai Pancasila".

Webinar dengan thema : "Mewujudkan Pancasila dalam tatanan integrasi bangsa" dan Sub Thema :"Peranan MUKI merajut Integrasi Bangsa serta Kolaborasi Umat".

Pdt. Yanuari Mendrofa sebagai Ketua Panitia menyebut,  webinar menerima pendaftaran hampir 200 orang. Yang ikut 100 orang lebih dari seluruh wilayah Indonesia termasuk dari Papua.

Narasumber Ibu Dr. Badikenita Putri br Sitepu SE, M.Sc (anggota DPD RI/Ketua PIKI), menjelaskan bahwa nilai-nilai Pancasila saat ini mengalami tantangan seperti inflitrasi budaya asing maupun muncul sentimen negatif yang bernuansa keagamaan terhadap siswa/pelajar.

Untuk itu katanya, kita perlu membumikan Pancasila secara terus menerus. Dalam kesempatan itu, Ibu Badikenita berjanji akan datang ke Kepulauan Nias bulan Juni yang akan datang untuk sosialisasi Pancasila secara tatap muka terbatas mengikuti Protokol Kesehatan. Hadir juga memberi kata sambutan Ketua FKUB Kab Nias, Kabimas Kristen dan Ephorus Gereja lokal Nias.

Narasumber Bpk. Pdt Berkat Kurniawan Laoli S.Pd/Anggota DPRD Prov Sumut dari fraksi NasDem menyatakan bahwa roh berbangsa dan bernegara Indonesia adalah Pancasila. Siapa pun yang mau mengganti Pancasila, maka orang itu tidak boleh hidup bergerak di bumi Indonesia.

Sementara Ketum MUKI Bpk. Djasarmen Purba lebih banyak menyoroti praktek kolaborasi di tengah-tengah umat.  Menjalankan kolaborasi untuk semua lini umat, seperti MUKI ber kolaborasi dengan Pemda, ormas non Kristiani maupun semua denominasi gereja. Kolaborasi umat akan menumbuhkan integrasi bangsa yang pada akhirnya sikap radikalisme tidak akan mudah tumbuh.

Acara yang berjalan 2 jam lebih, diselingi dengan tanggapan-tanggapan. Dan semua peserta webinar diberikan sertifikat oleh panitia.

Penulis: Djasarmen Purba, SH/Ketum DPP MUKI

profil
bayu admin
Published at 24 May 2021
Bagikan Artikel facebook-icon facebook-icon
Komentar 0

Artikel Lainnya

thumbnail
Berbenah di Papua
MUKI PAPUA memang dibentuk p...
Selengkapnya 05 Feb 2020
thumbnail
MUKI Damai MUKI Jaya
Sepenggal kalimat di atas, a...
Selengkapnya 25 Oct 2020
thumbnail
Menjelang Tutup Tahun
 Tinggal beberapa saat la...
Selengkapnya 17 Jan 2023
thumbnail
Sambutan Ketum DPP MUKI pada Webinar: "Menangkal Radikalisme"
YangkamihormatiBapak...
Selengkapnya 05 Mar 2021